HMI Pandeglang Bergerak Cepat Distribusikan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

sultannews.co.id
Jumat | 08:47 WIB Last Updated 2024-09-06T01:49:48Z

PANDEGLANG - Untuk meringankan masyarakat Kabupaten Pandeglang yang dilanda kekeringan dan sulit mendapatkan air bersih, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang bergerak cepat menyalurkan Air Bersih dibeberapa titik di wilayah Pandeglang terdampak kekeringan tersebut, Kamis (05/09/2024).

Kegiatan bakti sosial dalam penyaluran air bersih oleh HMI berkolaborasi dengan BPBD-PK Kabupaten Pandeglang.

Menurut Ketua HMI Cabang Pandeglang, Entis Sumantri alias Tayo bahwa data sementara yang terdampak kekeringan ada sekitar  5 kecamatan yaitu Kecamatan Patia, Sobang, Panimbangan, Cikeusik dan Sindangresmi.

"Alhamdulillah HMI Cabang Pandeglang kemaren (04/08) sudah mulai melakukan penyaluran air bersih tepatnya di Kampung Parapatan, Desa Pasirgadung Kecamatan Patia dengan jumlah Kepala Keluarga sekitar 64 KK," ungkap Entis Sumantri.

"Untuk wilayah lainnya belum, itu pun hanya satu kampung saja," sambungnya.

Dikatakan Entis, dalam pengiriman air besih itu sekitar 400 liter air yang dapat di distribusikan ke kampung tersebut.

"Ini butuh bantuan semua pihak untuk memberikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan, karena kemarin kami keterbatasan baik dari armada ataupun mobilisasinya," katanya.

Alasan HMI Cabang Pandeglang lanjutnya, bahwa dalam melakukan kegiatan sosial ini adalah bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagai manusia yang harus memikirkan orang lain yang sedang membutuhkan.

"Dan kami sebagai agent of change juga kontrol sosial, itu sudah sewajarnya kami ada untuk masyarakat dan mengingat semua," katanya.

Ditambahkannya, fokus HMI juga pada kondisi kemarau ini bukan hanya soal pembagian air bersih saja tapi bagaimana untuk mengawal pembangunan daerah, khususnya pada sektor pertanian karena lahan pertanian dan perkebunanpun dilanda kekeringan sehingga banyak para petani yang gagal panen.

"Harapan kami pemerintah daerah baik pemerintah pusat, provinsi atau kabupaten dapat sama-sama berkolaborasi bahu membahu, membantu masyarakat yang dilanda kekeringan dan membutuhkan bantuan," harapnya.

Kejadian kekeringan ini bukan hal yang baru tapi klasik seharusnya menjadi pembelajaran bagi pemerintah daerah bagaimana antisipasi dan solusi nyata untuk rakyat. (Red/*)

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HMI Pandeglang Bergerak Cepat Distribusikan Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan

Trending Now

Iklan