Apa Itu Pengetahuan..?

sultannews.co.id
Minggu | 16:30 WIB Last Updated 2024-09-22T09:31:25Z

Oleh: Suwadi, SH, MH.

OPINI - Socrates percaya bahwa pengetahuan sejati dimulai dengan mengakui ketidaktahuan. Dia berkata, "Saya tahu bahwa saya tidak tahu apa-apa." Melalui dialog dan pertanyaan, saya yakin kita bisa lebih dekat dengan kebenaran.

Plato:

Plato, murid Socrates, percaya bahwa pengetahuan berasal dari dunia ide dan cita-cita. Di Republik, ia menggunakan contoh gua untuk menjelaskan bagaimana dunia fisik hanyalah bayangan dari dunia nyata yang dapat diakses melalui penalaran filosofis.

Aristoteles:

Aristoteles, murid Plato, percaya bahwa pengetahuan berasal dari pengalaman indrawi dan observasi. Saya percaya pikiran manusia dapat memahami dunia dengan mengumpulkan dan menganalisis data.

Descartes:

Descartes, filsuf Perancis terkenal, mengucapkan ungkapan terkenal: "Saya berpikir, lalu saya ada." Saya percaya bahwa pemikiran dan keraguan adalah dasar dari pengetahuan sejati. Baginya, akal adalah alat dasar untuk memperoleh pengetahuan.

Immanuel Kant:

Kant mencoba menyeimbangkan akal dan pengalaman. Saya percaya bahwa pengetahuan muncul dari interaksi pikiran dengan dunia fisik dan kita mempunyai batas terhadap apa yang dapat kita ketahui. Ia mengatakan ada hal-hal yang tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh pikiran manusia, yaitu “benda itu sendiri”.

John Locke:

John Locke, filsuf Inggris, percaya bahwa pikiran manusia menghasilkan lembaran kosong (tabula datar) dan pengetahuan berasal dari pengalaman indrawi dan interaksi dengan dunia luar.

David Hume:

Hume meragukan kemungkinan mencapai pengetahuan yang absolut dan benar. Saya percaya bahwa pengetahuan kita didasarkan pada pengalaman dan kebiasaan, dan bahwa pikiran tidak dapat mencapai kepastian yang mutlak.

Bagaimana menurutmu?

Apakah Anda yakin pengetahuan berasal dari akal atau pengalaman, memahami sudut pandang ini dapat membuka cakrawala baru dalam pemikiran Anda.

Menurut penulis, Pengetahuan itu berasal dari Allah SWT Tuhan yang Maha Esa, Tuhan mengutus Malaikat Jibril untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada Nabi pertama yaitu Nabi Adam AS, sampai dengan anak cucu kita saat ini serta menyebarkannya ke seluruh manusia sampai akhir kehidupan dunia, semua penciptaan di langit dan dibumi bisa kita temukan dalam kitab Suci Umat Islam yaitu Al Qur'an dengan diperjelas dengan Hadist Nabi Muhammad SAW.

Demikian semoga bermanfaat !!

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apa Itu Pengetahuan..?

Trending Now

Iklan