Pengkaderan dan Kepemimpinan HMI Cabang Serang

sultannews.co.id
Selasa | 14:18 WIB Last Updated 2024-08-06T07:26:27Z

Eman Sulaeman
Kandidat Ketua Umum HMI Cabang Serang


OPINI - Kaderisasi leadership Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang. (6/8/2024).

Kanda Eman Sulaeman, bakal calon kandidat ketua umum HMI Cabang Serang menilik beberapa catatan.

Manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang paling sempurna dimuka bumi ini.
Maka konsekuensi tersebut manusia harus bertanggung jawab atas segala kehendak yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dimuka bumi.

Sebagaimana firman Allah di
dalam Al-Qur’an: “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah (yaitu menjalankan perintah- perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan meninggalkan segala larangan-Nya) kepada seluruh langit dan bumi serta gunung-gunung. Maka semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan menghianatinya dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu banyak berbuat dzalim dan amat bodoh.”
(Q.s AlAhzab : 72).

Dari penjelasan ayat Al-Qur’an diatas jelas bahwa manusia harus menanggung tanggung jawab sebagaimana dijelaskan didalam Al-Qur’an dan termaktub juga didalam maqaddimah konstitusi HMI bahwa fitrah manusia yang sesungguhnya adalah sebagai “khalifa fil ard” (pemimpin dimuka bumi) untuk bagaimana kemudian
selalu mengabdikan diri semata-mata kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai hamba yang beriman dan bertakwa.

Menurut Maxwell (1995:1), kepemimpinan adalah pengaruh yang tidak lebih dan
tidak kurang. Maka sepanjang rentetan sejarah manusia, komunikasi adalah hal yang terpenting dalam menjalankan kehidupan manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial didalam masyarakat, karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa ada manusia lain untuk bagaimana kemudian terjadinya interaksi sosial antara manusia di dalam masyarakat.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi perkaderan yang mempunyai
corak yang jelas, yaitu ke-Indonesiaan dan ke-Islaman yang menjadi wadah
penggodokan dan pembinaan para pemimpin yang berintegritas dan berkualitas serta memiliki loyalitas dan bertanggung jawab atas keputusan yang di ambilnya (Good Governance).

Karena HMI adalah kawah candradimuka, maksudnya kawah candradimuka yaitu tempat Jabang Tetuka, putra sang Bima ditempa dan di gembleng menjadi Gathutkaca yang perkasa.

HMI DILIGENT mencerminkan semangat yang teguh dan juga semangat kebersamaan, sinergi dan kerjasama dalam setiap aspek perjuangan Himpunan
Mahasiwa Islam (HMI). Sebagai sebuah organisasi yang memiliki sejarah panjang dalam membentuk kader-kader bangsa. HMI membutuhkan pendekatan yang Diligent (tekun, massif) untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

HMI DILGENT perlu semangat kebersamaan dan sinergi hal ini ditekankan pentingnya dalam mencapai tujuan organisasi, kebersamaan anatar anggota dan antar cabang akan memperkuat ikatan dan mempercepat pencapaian visi bersama. Penguatan kapasitas kader dengan HMI DILIGENT, setiap kader dapet saling berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman.

Hal ini akan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan pribadi dan professional setiap anggota HMI. Pengambilan keputusan yang inklusif melalui gagasan Act & Think Globally memastikan bahwa setiap suara objektif didengar dan dihargai dalam proses pengambilan keputusan.

Hal ini akan akan meningkatkan keterlibatan anngota dalam setiap program dan kegiatan organisasi. Efektivitas & Efisiensi program kerja dengan ketekunan kerjasama yang baik antara berbagai bidang dan Komisarian se-HMI Cabang Serang akan meningkatkan efisensi dan efektivitas pelaksanaan program kerja.

Sinergi yang terbentuk menghasilkan
dampak yang lebih besar bagi Masyarakat
HMI DILIGENT juga akan adaptasi dengan perubahan. Diera globalisasi dan
digitalisasi HMI perlu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan, kolaborasi antar kader dan antar cabang akan memungkinkan HMI untuk lebih responsive terhadap dinamika sosial, politik, ekonomi dan budaya. Pendekatan kolaborasi akan membuat HMI lebih relevan bagi generasi muda.

Dengan menunjukan bahwa HMI adalah organisasi yang terbuka dan inklusif, akan menarik lebih banyak mahasiswa untuk bergabung dan berkontribusi. Maka kemudian ini menjadi wadah yang tepat dan baik untuk membentuk pemimpin yang diligent karena HMI sebagai learning organizational untuk terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab
atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sebagai termaktub dalam pasal 4 anggaran dasar HMI. Untuk menjadi tanggung jawab bersama Himpunan Mahasiswa Islam hal ini bisa tercapai dengan gagasan inkulsif, kolaboratif dan solutif.

HMI Cabang Serang hari ini memerlukan sosok yang inklusif yang dimana dapat
memposisikan dirinya sebagai orang yang setara dengan para anggotanya, sehingga
masukan, saran, pendapat akan lebih objektif karna anggotanya leluasa untuk
menyampaikan kata dan rasa. Di era kecepatan teknologi yang begitu massif pemimpin harus bisa menyesuaikan diri
dengan segala kondisi, untuk dapat berasdaptasi dengan zaman perlu kolaborasi dengan semua unsur dan juga solutif, hal ini perlu dilakukan demi eksistensi HMI di tengah perkembangan jaman untuk menjaga marwah HMI sebagai intelektual yang aktif dan objektif, sehingga HMI Cabang Serang mampu menjawab tangtangan jaman dan memberikan jawaban yang konkret untuk kemaslahatan umat.

Maka hari ini penulis membawa visi “HMI Diligent : Act & Think Globally”. Dengan
semangat yang akan diperjuakan (Misi) yaitu :

1. Kolaborasi Inklusif
Membangun jaringan kerjasama dengan organisasi mahasiswa, Pemerintah, dan
swasta. Meningkatkan partisipasi kader dalam kegiatan sosial, akademik, dan keagamaan,

2. Pengembangan Potensi Kader
Membangun wadah-wadah sebagai media saling berbagi pengetahuan,
keterampilan, dan pengembangan pengalaman. Menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan pribadi secra professional,


3. Inovasi & Kreativitas
Mendorong ide-ide inovatif yang berdampak positif. Mengadakan kompetisi untuk menstimulus kreativitas,

4. Keterlibatan Sosial
Mendukung program pengabdian masyarakat berkelanjutan. Menyuarakan isu sosial dan mencari solusi masalah masyarakat,

5. Penguatan Indentitas dan Spiritualitas
Meningkatkan pengamalan nilai-nilai islam. Menyelenggarakan kegiatan keagaman untuk memperkuat ukhuwah islamiyah.

Dengan mengusung tagline “HMI DILIGENT”. Kandidat menegaskan komitmennya untuk menjadikan HMI Cabang Serang sebagi wadah yang memupuk semangat gotong
royong dan ketekunan, memperkuat solidaritas dan menghasilkan kader-kader yang siap berkolaborasi demi kemajuan bangsa. Ini bukan hanya slogan, tetapi juga sebuah panggilan untuk bertindak dan berinovasi bersama, demi HMI yang lebih maju dan berdaya saing tinggi.


Editor : Mukhlis & CAK

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengkaderan dan Kepemimpinan HMI Cabang Serang

Trending Now

Iklan