Mahasiswa KUKERTA 36 UIN SMH Banten Gelar Perpustakaan Keliling di SDN Kadumaneuh

sultannews.co.id
Kamis | 23:50 WIB Last Updated 2024-08-08T16:51:18Z

PANDEGLANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Kelompok 36 dari Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten melaksanakan kegiatan perpustakaan keliling di SDN Kadumaneuh sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dan memberikan akses lebih mudah terhadap buku-buku bacaan yang bervariasi.

Hilal Bakhtiyana, Koordinator Kegiatan dari KUKERTA 36 menyampaikan, "Perpustakaan keliling ini membawa berbagai koleksi buku, mulai dari buku cerita, buku pengetahuan umum, hingga buku pendidikan moral yang sesuai dengan usia siswa SD. Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa, yang berbondong-bondong memilih buku-buku favorit mereka untuk dibaca di sela-sela waktu istirahat," ucap Hilal, Kamis 8/08/24.

Masih kata Hilal, "kami ingin mendorong minat baca sejak dini dan memperluas wawasan anak-anak melalui berbagai jenis bacaan yang bermanfaat. Kegiatan perpustakaan keliling ini juga diharapkan bisa menjadi alternatif hiburan yang mendidik bagi siswa-siswi SDN Kadumaneuh," ungkap Hilal.

Lanjut Hilal, "para mahasiswa KUKERTA 36 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten juga menyediakan sesi membaca bersama, di mana mereka membacakan cerita-cerita menarik di hadapan para siswa, sekaligus mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai pesan moral yang terkandung dalam cerita tersebut. Hal ini bertujuan untuk tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa," imbuhnya.

Kepala Sekolah SDN Kadumaneuh, Lilis Hasanah,S.Pd.SD, menyampaikan apresiasinya atas inisiatif mahasiswa KUKERTA 36. "Kegiatan perpustakaan keliling ini sangat membantu meningkatkan budaya literasi di sekolah kami. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan," ujarnya.

Kepsek SDN Kadumaneuh mengaku, "kegiatan perpustakaan keliling ini merupakan salah satu dari berbagai program yang diusung oleh mahasiswa KUKERTA 36 UIN SMH Banten selama melaksanakan pengabdian di Desa Kadumaneuh. Selain perpustakaan keliling, mahasiswa juga terlibat dalam berbagai program lain yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Kadumaneuh." Tutupnya.

(Suprani)

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KUKERTA 36 UIN SMH Banten Gelar Perpustakaan Keliling di SDN Kadumaneuh

Trending Now

Iklan