Bencana Kekeringan Mulai Melanda Sejumlah Desa di Kecamatan Patia Pandeglang

sultannews.co.id
Selasa | 12:20 WIB Last Updated 2024-08-20T05:25:34Z

PANDEGLANG - Sejumlah desa di Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang  mengalami krisis air bersih. Mereka kesulitan mendapatkan air bersih lantaran sumber air yang selama ini dimanfaatkan mengering akibat dampak musim kemarau melanda wilayah tersebut, Selasa 20/08/2024.

Para warga terpaksa mencari air bersih dengan jarak cukup jauh menggunakan jerigen dan di pikul dengan berjalan kaki, mereka mengantri di sumur yang masih ada sumber air meskipun airnya kotor. Tak jarang pula banyak warga yang terpaksa membeli air "jika ada uang", ungkap salah satu warga setempat.

Iim (22) warga yang terdampak kemarau menyampaikan, "sejumlah desa di Kecamatan Patia lebih tepatnya di Desa Simpang Tiga, tempat saya kekeringan ini telah berlangsung beberapa pekan karena sumur-sumur di wilayah kami mulai mengering sehingga debit air tidak mencukupi kebutuhan air harian warga," tuturnya.

Selain Desa Simpang Tiga ada beberapa desa juga yang mengalami kekeringan air bersih di wilayah Kecamatan Patia, sehingga warga terpaksa menggunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Akibat efek daripada musim kemarau ini sawah-sawah mengering sehingga petani  harus menggunakan mesin pompa untuk memindahkan air dari sungai ke sawah, memakan biaya banyak untuk membeli solar/bensin itupun kalau ada uang untuk operasionalnya," ujar Iim.

Keadaan saat ini mulai sulit untuk mendapatkan air untuk konsumsi, seperti air bersih untuk minum sehari-hari, untuk masakpun kadang memakai air sumur yang harus di jernihkan terlebih dahulu karena kondisi sumur yang semakin hari semakin kering.

"Saya mengajak semua pihak untuk peduli kepada warga Kecamatan patia, saat ini beberapa titik mengalami bencana kekeringan, yang otomastis memberikan efek kesulitan bagi warga," tutur Iim Mukhoiri Adhan aktivis Kecamatan Patia.

Harapan menjadi perhatian khusus sebagai penanggulangan bencana kemarau dari Pemkab Pandeglang agar segera memberikan bantuan dengan menyalurkan air bersih di Kecamatan Patia.

"Kami berharap Pemkab Pandeglang segera memberikan respon terdahap masyarakat. Kami anak muda siap membantu untuk menyalurkan air bersih untuk masyarakat Patia." Tutupnya.

Penulis : Moh A
Editor   : Es

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bencana Kekeringan Mulai Melanda Sejumlah Desa di Kecamatan Patia Pandeglang

Trending Now

Iklan