Perkembangan Pancasila Modern Oleh Generasi Muda

sultannews.co.id
Minggu | 01:41 WIB Last Updated 2024-07-06T18:42:14Z

Nama Mahasiswa : Novantri Adam Saputra
Mahasiawa Universitas Pamulang PSDKU Serang
Dosen : Suci Kusumawardani, S.H,M.H

OPINI - Pancasila sebagai dasar negara memiliki fungsi dan kedudukan sebagai kaidah negara yang bersifat  mendasar dan tidak hanya menjadi cita-cita juga tujuan bangsa namun pancasila juga mempunyai peranan penting sebagai pedoman disetiap aktivitas kalangan masyarakat. Ini  menjadikan Pancasila bersifat fleksibel dan mengikuti perkembangan zaman yang ada.

Seriap tanggal 1 Oktober masyarakat selalu merayakan Hari Kesaktian Pancasila, ini dilakukan untuk mengenang sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa kita dan juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan revolusi, yang pada saat peristiwa G30SPKI dimana pahlawan gugur di saat untuk mempertahankan ideologi bangsa. Perjuangan para pahlawan ini dalam memperjuangan ideologi bangsa harus kita terus pertahankan dan harus terus berlanjut kesetiap generasinya, karena ini merupakan tanggung jawab kita sebagai generasi berikutnya untuk tetap mempertahankan ideologi bangsa. Kita sebagai agent of change mempunyai peranan penting untuk selalu menjaga dan selalu mengimplementasikan seluruh nilai-nilai yang ada pada Pancasila.

Saat ini peran generasi muda penting untuk mengisi pembangunan dan mempertahankan ideologi juga kemerdekaan bangsa kita dalam upaya mewujudkan cita-cita bangsa, kita harus mampu menunjukan peran positif sebagai pemuda yang mempunyai sifat tanggung jawab moral untuk kejayaan negara Indonesia dimasa depan. Kita sebagai garda terdepan dalam proses perjuangan dan pembahruan mampu mengisi kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa ini.

Mengapa, ini karena Pancasila memiliki relevansi penting dalam memandu pembangunan yang berkelanjutan. Di era modern ini Pancasila masih sangat relevan dikalangan generasi muda, ada beberapa alasan yang menyebutkan bahwa mengapa Pancasila tetap relevan di era modern saat ini yang pertama yaitu;

1. Identitas Nasional, ditengah globalisasi, Pancasila masih menjaga keunikan dan keberagaman budaya, agama, juga suku bangsa serta memperkuat rasa kebangsaan, masih banyak generasi muda di era modern sekarang ini yang tetap menjaga identitas nasionalnya.

2. Pilar-pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, di era modern saat ini juga generasi muda masih tetap mempertahankan nilai nilai yang ada pada Pancasila, contoh seperti keadilan sosial, demokrasi dan melakukan musyawarah,  juga persatuan satu sama lain.

3. Harmoni Kerukunan Antar Agama, Pancasila nyatanya masih terus mendorong kerukunan dan toleransi di era modern saat ini dimana bertambahnya masyarakat yang multicultural ini yang membuat Pancasila masih tetap relevan, di era modern saat ini juga masih tetap dipertahankan oleh generasi muda, maka dari itu penguatan Pancasila di kalangan generasi muda harus tetap dipertahankan.

Pancasila jadi hayat hidup kita untuk penguatan karakter, saling memahami anatar generasi muda juga generasi tua untuk bisa menyesuaikan kondisinya masing-masing. Dengan demikian perkembangan Pancasila di era modern oleh generasi muda harus menyesuaikan kondisi jaman upaya untuk menjaga nilai Pancasila.

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkembangan Pancasila Modern Oleh Generasi Muda

Trending Now

Iklan