DPP GIAN Usulkan Kecubung Masuk Dalam Kategori Narkotika Golongan Khusus

sultannews.co.id
Rabu | 01:32 WIB Last Updated 2024-07-16T18:43:13Z

R. Guntur Eko Widodo
Ketua Umum GIAN


OPINI - Menurut ketua umum Gerakan Indonesia Anti Narkotika /GIAN, R. Guntur Eko Widodo dalam pesan tertulisnya Kecubung menurut 'Buku Saku Tanaman Obat: Warisan Tradisi Nusantara untuk Kesejahteraan Rakyat' oleh Kementerian Pertanian RI, kecubung memiliki nama latin Datura Fastuosa dengan famili Solanaceae. Berikut sedikit pembahasan tanaman kecubung.

Mengingat betapa bahaya effect penggunaan Kecubung di kalangan masyarakat, maka DPP GIAN mengusulkan Kecubung dimasukkan kedalam kategori golongan Narkotika.

Ciri khas Kecubung, bunga besar menjuntai dan bermahkota menyerupai lonceng berwarna putih, kuning, krem, orange atau merah. Bentuk buah yang unik, berbentuk bulat, hijau berduri berukuran sedang sebesar bola tenis.

Kecubung dikenal sebagai salah satu tanaman yang dimanfaatkan sebagai pengobatan alami. Namun, perlu diwaspadai dibalik khasiat dan manfaatnya, kecubung juga mempunyai kandungan senyawa aktif yang memberikan efek racun bagi yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam memanfaatkan tanaman ini.


Ada beberapa khasiat tanaman Kecubung untuk kesehatan. Berikut  khasiat dari tanaman Kecubung untuk kesehatan.

- Mengatasi kulit bengkak

Kecubung membantu meredakan masalah bengkak pada kulit. Gunakan daun kecubung segar yang dicampur dengan minyak kelapa, lalu panggang, remas dan tempelkan pada kulit yang bengkak.

- Mengatasi sembelit

Daun kecubung yang diremas dan ditempatkan di perut juga dapat membantu meredakan sembelit serta memberikan bantuan alami bagi mereka yang sering mengalami masalah pencernaan. Cara ini juga sekaligus bisa meredakan nyeri haid dan sakit perut.

- Perawatan ketombe

Untuk masalah ketombe, masukkan 7 helai daun kecubung kering dan 5 sendok makan minyak kelapa ke dalam botol dan tutup rapat. Panaskan di bawah sinar matahari selama 7 hari, lalu oleskan pada kulit kepala 2 kali sehari pagi dan sore.

- Meredakan Reumatik

Daun kecubung 14 helai dirajang dan dijemur kemudian ditambah minyak kelapa 10 sendok, lalu simpan campuran tersebut selama 3 hari. Peras dan pisahkan minyaknya kemudian dihangatkan, gosokkan pada bagian yang nyeri. Bila perlu, tambahkan sedikit minyak kayu putih.

- Terkilir/keseleo

Campurkan 14 helai daun kecubung dengan 2 buah serai dan cacah halus, tambahkan minyak kelapa 2 gelas, lalu gosok pada bagian yang sakit. Proses pemanasan dan pemijatan dengan minyak tersebut membantu mengurangi ketidaknyamanan pada area yang terkilir.


Kecubung bisa sebabkan halusinasi. Dilansir situs Badan Narkotika Nasional (BNN), kecubung merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki efek lebih berbahaya bagi tubuh. Tanaman tersebut sering disalahgunakan orang menjadi zat adiktif, seperti narkoba.

Tanaman Borrachero atau bunga kecubung mudah ditemukan di Indonesia, meskipun bukan termasuk golongan narkotika, bunga kecubung kerap digunakan sebagai penghilang kesadaran atau sebagai zat pembius, sebab daun kecubung berkhasiat anestesi. Hal itu karena tanaman ini mengandung metil kristalin yang mempunyai efek relaksasi.

Dalam situs ilmu pengetahuan dan teknologi, disebutkan bahwa Kecubung mengandung senyawa kimia alkaloid. Senyawa jenis ini terdiri atas atropin, hiosiamin, dan skopolamin yang bersifat antikholinergik. Kecubung juga mengandung hiosin, zat lemak, kalsium oksalat, meteloidina, norhiosiamina, norskopolamina, kuskohigrina dan nikotina.

Sifat kecubung yang bisa memabukkan membuat tanaman itu termasuk dalam daftar 15 tanaman yang diusulkan Kementerian Kesehatan untuk masuk dalam golongan narkotika. Konon, efek mabuk dari kecubung jauh lebih dahsyat ketimbang ganja. Itulah mengapa sering terdengar cerita orang berhalusinasi atau tidak sadarkan diri sampai berhari-hari karena mengonsumsi kecubung.


Editor : C. Ahmad Kh.

Penulis : Suprani

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DPP GIAN Usulkan Kecubung Masuk Dalam Kategori Narkotika Golongan Khusus

Trending Now

Iklan