Desa Sukarame Terus Membangun Infrastruktur Jalan Lingkungan

sultannews.co.id
Senin | 22:37 WIB Last Updated 2024-07-15T15:59:11Z

SERANG - Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, telah mengambil langkah dalam pembangunan infrastruktur dengan menyelesaikan proyek jalan lingkungan menggunakan rabat beton di Kampung Bangkong, RT.05 RW.03, Senin, (15/7/24).

Kepala Desa Sukarame Yaya Sunarya menjelaskan, bahwa pembangunan jalan rabat beton dengan anggaran sebesar Rp. 85.068.160,- termasuk PPN dan PPH, untuk volume dengan panjang 223 meter, lebar 220 cm dan tinggi 0,10 cm, merupakan realisasi dari dana desa tahun anggaran 2024.

Dalam pernyataannya, Yaya Sunarya menegaskan bahwa langkah ini sejalan dengan visi pemerintahannya dalam penataan infrastruktur, termasuk infrastruktur pertanian dan jalan lingkungan.

"Tentunya kedepan kami harus bekerja lebih keras lagi untuk bisa mewujudkan visi tersebut," tuturnya.

Menurutnya pembangunan di Desa Sukarame tidak terlepas komunikasi yang intens antara pemerintah desa dengan pihak kecamatan dan DPMD Kabupaten Serang, termasuk pimpinan daerah Kabupaten Serang dan pimpinan partai politik untuk program aspirasi atau pokir, untuk menyerap aspirasi masyarakat serta program kerja yang dapat direalisasikan secara berkala.

Kepala Desa sukarame Yaya Sunarya juga menambahkan, "saya sebagai pimpinan serta atas nama perangkat desa, mohon do'anya dari seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa kami diberikan kemudahan dalam melaksanakan amanah ini," tambahnya.

Dari pernyataan yang di sampaikan ini mencerminkan kesungguhan pemerintah desa untuk mengakomodir kebutuhan dan aspirasi warga ujar salah satu warga Desa Sukarame, Ishak kepada media.

"Masyarakat kampung Bangkong sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintahan desa atas upaya ini," ungkapnya.


Pembangunan jalan lingkungan ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi warga yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musdes) tahun lalu. Pemerintah Desa Sukarame tidak hanya mendengarkan, tetapi juga merespons kebutuhan dan aspirasi masyarakatnya dengan tindakan konkret dalam meningkatkan infrastruktur di wilayah mereka. Sebagai Ketua RT 05, Aceng, juga merespon dan merasa bangga dengan kinerja di Desa Sukarame.

"Kondisi jalan sebelumnya sudah kurang layak karena banyak kerusakan, Alhamdulillah hasil musdes terealisasi, sekarang sedang diperbaiki meskipun belum 100%, tentunya nanti sangat membantu menunjang mobilitas warga dalam melakukan kegiatan sehari-hari," terangnya.

Sajam ketua LSM PKPB (Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Pemerintah Banten) sebagai kelembagaan independent juga ikut kontrol dari luar terhadap pembangunan tersebut dan merasa sudah pada jalurnya karena amanat hasil Musdes terlaksana sesuai jadwal.

"Perbaikan jalan ini membuktikan hasil Musdes yang baik dan terjadwal dengan baik pula, tidak hanya akan meningkatkan kenyamanan dalam bertransportasi bagi warga, tetapi juga akan memperkuat konektivitas dan memfasilitasi akses ke berbagai fasilitas publik. Diharapkan dengan infrastruktur yang lebih baik, Desa Sukarame Kecamatan Cikeusal akan semakin berkembang dan maju kedepannya serta untuk kesejahteraan bersama." Pungkasnya.

(Humedi)

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Sukarame Terus Membangun Infrastruktur Jalan Lingkungan

Trending Now

Iklan