Bergayalah Sesuai Kemampuan Keuanganmu

sultannews.co.id
Jumat | 21:40 WIB Last Updated 2024-07-19T14:41:21Z

Oleh: Advokat Suwadi, SH, MH.
Penulis adalah Praktisi Hukum, Pengamat Sosial Kemasyarakatan Anti Riba
      
OPINI - Di Jepang, punya mobil adalah kampungan. Hanya golongan petani dan pedagang yang tinggal di pedesaan yang punya mobil, itupun karena berfungsi untuk mengangkut logistik pertanian dan perdagangan mereka. Sedangkan orang kota lebih suka jalan kaki dan naik sepeda. Kalaupun ada mobil, biasanya dibiarkan sampe berdebu di garasi.

Sedangkan di Indonesia, mobil dan rumah mewah justru adalah simbol kekayaan. Cicilan rumah belum lunas, keburu kredit mobil. Padahal mobilitas juga belum tinggi, belum jadi orang sibuk, cuma gara-gara tetangga punya mobil terus ikutan dari pada kelihatan miskin. Seneng banget nyenengin pihak bank. Semakin banyak utang, semakin banyak bunga yang dibayar, tetapi nggak sadar diperas bankir.

Lihat saja sudah banyak korban koq..!! ketika tidak mampu mencicil selama 3 bulan semua akhirnya raib, kerja keras kita tidak akan dihargai oleh bank. Maka merenunglah..!! Bank tidak peduli kita jadi gelandangan. Pikir-pikir lagi ketika ingin banyak gaya..!! hidup sederhana dan apa adanya jauh lebih nikmat dan indah.

Bukannya melarang....
Punya perabotan banyak itu boleh selama rumah kita sendiri. Punya mobil juga boleh, selama pondasi ekonomi sudah kuat. Apa yang terlihat oleh mata hanyalah cover luar. Untuk apa luarnya bagus dan mapan, tapi yang di dalam justru keropos?

Bahan renungan....
Bener juga lebih baik hidup apa adanya tidak di ada-adakan, apalagi sampai berkerja sama dengan bank, na'udzubillah.

Kalo seperti kulkas, ac, mesin cuci itu semua kebutuhan tidak masalah asalkan jangan dari hutang bank, sebab berhutang bank akan menyusahkanmu, belum lagi dicabut barokahnya oleh Allah.

Kita kerja keras siang malam, peras keringat ,kepala jadi kaki, kaki jadi kepala (kepala pundak lutut kaki... ^^) banting tulang, tulang dibanting-banting hanya untuk mencicil barang dari Riba, kan Ngeri..!!

Aku pribadi suka terlihat tidak punya apa-apa, terkadang sering dipandang hina karena berpenampilan sederhana, karena memang aku tidak punya apa-apa, karena semua yang kita miliki hanyalah punya Allah.

Renungkan....

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bergayalah Sesuai Kemampuan Keuanganmu

Trending Now

Iklan