PPK dan PPS Se-Kecamatan Pamarayan Lakukan Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Pengguna Sidalih dan E Coklit

sultannews.co.id
Sabtu | 20:51 WIB Last Updated 2024-06-22T13:59:57Z

SERANG - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pamarayan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), pemutakhiran data pemilih, penggunaan Sitem Data Pemilih (Sidalih) dan Elektronik Coklit, di Aula Kecamatan Pamarayan, Sabtu (22/6/2024).

Dalam bimtek ini dihadiri oleh Ketua dan anggota panwascam Pamarayan serta di tengah-tengah acara dimonitoring langsung oleh 2 Komisioner KPU Kabupaten Serang sekaligus memberikan arahan.

Diikuti oleh 30 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS)  Se-Kecamatan Pamarayan, sebagai bentuk penyeragaman dan hirarki pemahaman tentang pemutakhiran data pemilih, penggunaan Sidalih dan E-Coklit,

Mahyudi, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pamarayan, mengatakan bimtek ini untuk memberikan suatu persamaan atau persepsi antara PPK dan PPS secara hirarki.

“Bimbingan teknis ini mencakup pemutakhiran data pemilih, penggunaan Sidalih, dan cara mempraktikkan E-Coklit sebagai alat bantu pencocokan dan penelitian data pemilih oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Kegiatan ini dilaksanakan sehari,22 Juni 2024 dibuka pada pukul 07.30 sampai dengan selesai,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa tujuannya bimtek ini adalah agar peserta tidak hanya mengetahui materi yang diberikan tetapi juga memahami dan terampil dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Kata dia, PPS yang telah mengikuti bimtek agar membimbing Pantarlih, sehingga proses bimtek berlangsung secara berjenjang nantinya.

Kemudian, Ketua Panwascam Eman Sulaeman, memberikan pemaparan bahwasannya teman-teman PPS yang mengikuti bimtek hari ini ketika mendapatkan ilmu 10. 


"Sampaikan ke PPDP jangan sampai ada yang dikurangi atau ditambahkan karena nanti berpengaruh terhadap proses Data Pemilih tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya Septia Abdi Gama, Kordiv Datin KPU Kabupaten Serang mengatakan, sedang melakukan tahapan perekrutan PPDP bahkan sudah diumumkan tahap penelitian admnistrasinya, ia juga menyampaikan informasi untuk logistik PPDP sudah ada di KPU dan akan disampaikan oleh sekretariat KPU Kabupaten Serang malam ini.

"Akan dikordinasikan (pengumuman) kepada PPK Se-Kabupaten Serang," ujarnya.

Dilanjutkan Kordiv Datin menambahkan, PPS agar segera melaporkan nama-nama yang telah lolos verifikasi kepada PPK karena nanti di tanggal 24 Juni akan melakukan pelantikan serentak, dan di tanggal 25 Juni kita KPU kabupaten Serang akan melakukan Gerakan Coklit Serentak (GCS) dan apel serentak masing-masing PPK.

"Kegiatan selanjutnya yautu gerakan coklit serentak, setelah dilantik di harapkan langsung berkordinasi dengan RT RW diwilayah kerja PPDP," tambahnya.

Senada dengan Kordiv Datin, Dede Abdul Rosyid dari bidang Kordiv Hukum juga menambahkan dalam sambutannya.

"Betul kata pak Gama teman-teman sudah melaksanakan penempelan pengumuman penelitian administrasi, nanti ketika menentukan PPDP terpilih temen-temen harus memperhatikan beberapa hal, yang pertama berdomisili di wilayah kerjanya, cakap dalam menggunakan gadget, selanjutnya berpengalaman di kepemiluan terkait PPDP dan pantarlih sesuai keputusan KPU nomor 638 Tahun 2024,” bebernya.

Dalam sesi penutup, Sukron dari Divisi Parmas PPK Pamarayan berikan arahan kepada semua PPS dapat memahami bagimana teknis pemutakhiran data pemilih, tidak hanya divisi Datin, sehingga nantinya di lapangan bisa menjadi tempat bertanya dan berkonsultasi bagi Pantarlih.

“Kami berharap Pantarlih dan PPS dilapangan dapat menjadi garda terdepan dalam mensukseskan proses pemutakhiran data pemilu,” tutupnya. (Klis)

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPK dan PPS Se-Kecamatan Pamarayan Lakukan Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih, Pengguna Sidalih dan E Coklit

Trending Now

Iklan