Warga Kecamatan Petir Serang Berharap Pemerintah Segera Bangun SMK Negeri di Wilayahnya

Minggu | 15:05 WIB Last Updated 2024-03-17T08:12:41Z

SERANG - Berbagai Tokoh lapisan masyarakat di wilayah Kecamatan Petir mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Banten segera membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di wilayah mereka.


Hal ini komentar datang dari tokoh kasepuhan sekaligus pemerhati pendidikan di Kecamatan Petir, H. Nuryadi, dirinya menyatakan bahwa Kecamatan Petir sudah saatnya memiliki Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, karena dengan jumlah penduduk yang semakin padat menyebabkan angka kelulusan SLTP di Petir juga cukup tinggi sehingga peminat ke SMK juga lumayan tinggi.


"Kecamatan Petir adalah bagian dari Serang Timur, dengan ratusan pabrik-pabrik raksasa berdiri di wilayahnya, tetapi sangat sedikit sekali warga Petir yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut, setelah kita evaluasi kendalanya adalah kurangnya keahlian dari mereka, karena memang tidak adanya pendidikan khusus untuk bidang pekerjaan tersebut. Oleh karena itu salah satu solusinya adalah di Petir ini harus ada Sekolah SMK Negeri. Kami minta Gubernur Banten agar segera menganggarkan pembangunan gedung SMK untuk masyarakat Petir," paparnya, Minggu (17/3/24).


Sementara itu Camat Petir Fariz Ruhiyatullah, mengamini pernyataan Tokoh masyarakat Petir itu. Menurut Fariz, pihaknya mendukung pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Petir untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan.


"Saya selaku camat sependapat dan sangat mendukung terkait pemenuhan SMK Negeri di Kecamatan Petir dalam rangka peningkatan mutu pendidikan kejuruan," tandasnya.


Pernyataan senada disampaikan Ketua APDESI (Assosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Kecamatan Petir, Wahyudi. Menurutnya warga petir sudah lama mengharapkan adanya Sekolah SMK Negeri untuk menyalurkan minat anak-anak yang ingin sekolah di sekolah kejuruan, namun selama ini terkendala jarak yang cukup jauh dan kadangkala terhambat adanya sistem zonasi, sehingga di Petir ini sangat layak dibangun SMK Negeri.


"Kami dari APDESI Kecamatan Petir, berharap pemerintah terkait agar segera merealisasikan pembangunan sarana dan prasarana sekolah kejuruan, karena minat siswa untuk sekolah ke SMK Negeri sangat tinggi, namun saat ini terkendala jarak dan sistem zonasi, sehingga wajar jika di Petir sangat layak dibangun SMK Negeri," ujarnya.


Tokoh lainnya Fahri Ray, yang juga Ketua BPD Desa Mekarbaru Kecamatan Petir, mendukung harapan masyarakat Kecamatan Petir yang menginginkan berdirinya SMK Negeri. Dikatakan Fahri, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa masyarakat Petir juga harus memiliki SDM yang siap memasuki dunia kerja. Karena saat ini baru ada SMA Negeri yang ada di kecamatan Petir.


"Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk dapat memiliki SDM yg siap masuk dalam dunia kerja, maka di wilayah Kecamatan Petir dibutuhkan sekolah kejuruan yakni SMK Negeri sebagai sekolah pilihan selain SMA Negeri yang sudah ada, untuk SMK Negeri, saya yakin akan lebih banyak diminati untuk mencetak siswa yang siap pakai dalam memasuki dunia kerja," ungkapnya.

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warga Kecamatan Petir Serang Berharap Pemerintah Segera Bangun SMK Negeri di Wilayahnya

Trending Now

Iklan