Perkuat Keamanan Siber, BSSN Jalin Kerja Sama Strategis dengan Google AI

Jumat | 12:08 WIB Last Updated 2024-03-08T05:08:45Z

Jakarta – Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) melalui Deputi Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi BSSN hadir dalam kegiatan AI Policy and Skilling Lab dan Peresmian Kerja Sama Strategis BSSN dan Google Cloud Indonesia yang diselenggarakan di Java Ballroom, Hotel Westin Jakarta pada Selasa (5/3/2024).


Deputi Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi BSSN, Dono Indarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan AI memungkinkan adanya serangan siber yang lebih kompleks dan terotomatisasi, yang dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian yang lebih besar bagi individu, perusahaan, dan bahkan pemerintah. 


Oleh karena itu, penting bagi kita untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan akan potensi ancaman tersebut, serta mengembangkan solusi keamanan yang dapat mengatasi tantangan yang muncul.


"Bagi BSSN, selaras dengan Google meyakini bahwa AI memberikan peluang bagi penentu kebijakan, tenaga profesional keamanan siber, dan masyarakat untuk mengoptimalkan kecerdasan buatan dalam upaya mengamankan ruang siber. Sementara pihak yang berniat jahat menggunakan AI untuk kepentingan mereka, kita harus siap dengan terus berinovasi dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM dalam menguasai teknologi ini," kata Deputi Dono.


Dalam ruang lingkup kerja sama ini, BSSN dan Google Cloud Indonesiaa sudah melaksanan beberapa kegiatan antara lain pemberian 1000 beasiswa kepada aparatur sipil negara BSSN serta kementerian/lembaga lain yang ditunjuk oleh BSSN untuk mengikuti program Google Career Certificates for Cybersecurity, Google akan membagikan informasi tentang potensi ancaman keamanan siber kepada BSSN atau badan pemerintahan Indonesia lainnya. Ini akan dimulai sebagai pilot project dan berlangsung selama tidak lebih dari satu tahun. Selain itu, mengadakan workshop dan sesi knowledge sharing bersama untuk Kementerian/Lembaga lain yang fokus pada isu keamanan siber.


Kolaborasi ini mencakup pengembangan dan implementasi solusi generasi berikutnya yang menggabungkan otomatisasi, analisis, intelijen, dan AI untuk mendeteksi, menyelidiki, dan mencegah serangan siber canggih terhadap infrastruktur informasi vital.


Kegiatan AI Policy and Skilling Lab dan Peresmian Kerja Sama Strategis BSSN dan Google Cloud Indonesia ini dapat memberikan insight dan manfaat serta mampu memberikan kontribusi dalam memperbaiki ekosistem keamanan siber di masa yang akan datang.


Hadir dalam kegiatan ini Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf, Kepala Divisi Riset Center for Digital Society (CfDS) Hafiz Noer, Kolaborasi untuk Percepatan Inovasi Kecerdasan Artifisial Indonesia (KORIKA) Direktur Etika KORIKA Awaludin Marwan, Country Director Google Cloud Indonesia Fanly Tanto, Deputi Sekretaris Eksekutif CfDS UGM Iradat Wirid, Cybersecurity Research & Technical Lead at Google DeepMind, Mountain View California, Elie Bursztein dan Director Office of the CISO, Google Asia Pacific, Mark Johnston.

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkuat Keamanan Siber, BSSN Jalin Kerja Sama Strategis dengan Google AI

Trending Now

Iklan