Apa Itu Fenomena Solstice yang Terjadi 21 Desember, Berikut Penjelasannya!

sultannews.co.id
Kamis | 14:48 WIB Last Updated 2023-12-21T07:50:19Z
(Dok/Istimewa)

Tangerang - Penomena alam titik balik matahari atau biasa dikenal solstice. Biasa Terjadi pada 21 Desember rupanya, fenomena ini terjadi setiap tahun.


Solstice adalah peristiwa yang terjadi ketika matahari mencapai perjalanan paling Utara atau selatan terhadap ekuator langit pada bola langit.


Dua titik balik matahari Utara dan Selatan terjadi setiap tahun. Sekitar tgl 21 Juni dan 21 Desember di banyak negara, musim dalam setahun ditentukan oleh titik balik matahari.


Merupakan penghentian matahari dimana matahari tampak terbit dan terbenam,berhenti dan berbalik arah


Titik sumber solstice atau titik balik musim panas, merupakan titik paling Utara yang dicapai matahari dalam gerak tahunannya antara 23 September -21 Juni ketika matahari bergeser ke arah Utara .pada saat sumber solstice, matahari akan tampak berada pada perbatasan Rasi Taurus dan Gemini, Menandai titik ketika sinar matahari mengenai bagian bumi.


Sedangkan winter solstice? Dimana bagian bumi yang sedang menjauh dari arah matahari akan merasakan musim dingin ,yang masa puncaknya dingin .


Pada musim fenomena solstice dihimbau agar tidak keluar rumah pada 21-22 desember.hal ini dikaitkan dengan adanya fenomena SOLSTICE , adanya perubahan cuaca panas yang tidak biasa


Posisi matahari ini relatif terhadap ekuator langit atau perpanjangan khatulistiwa bumi pada bola langit.

Ada dua jenis fenomena sosltis, yang mana peristiwa astronomis ini terjadi dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Juni dan Desember. [Indra/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Apa Itu Fenomena Solstice yang Terjadi 21 Desember, Berikut Penjelasannya!

Trending Now

Iklan