Sukses Realisasikan Pembangunan Jalan Desa yang Bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2023

SULTANNEWS.CO.ID
Selasa | 14:08 WIB Last Updated 2023-11-07T10:52:04Z




KABUPATEN SERANG- STN. Pemerintah Desa Cilayang Kecamatan Cikeusal bersama Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Selanjutnya disebut TPK) merealisasikan kegiatan pembangunan jalan desa sepanjang 170 meter yang terletak di kampung katupang tanjakan RT   003 RW 02. Kabupaten Serang "Selasa (07/11/2023) 


Seperti diketahui sebelumnya, kondisi jalan desa tersebut mengalami kerusakan dan terdapat genangan air yang membuat pengguna jalan merasa tidak nyaman saat melintasinya. 


Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan agar aktivitas masyarakat sehari-hari baik untuk sekolah maupun bekerja dapat berjalan dengan lancar. Terlebih lagi jalan desa tersebut merupakan salah satu akses menuju ladang pertanian. Hal itu menandakan bahwa jalan desa tersebut mempunyai fungsi yang teramat vital sebagai akses utama yang dapat menunjang kegiatan perekonomian, pertanian, dan pendidikan khususnya bagi masyarakat sekitar.


Dengan dana sebesar Rp. 110.031.180,00(seratus sepuluh juta tiga puluh ribu seratus delapan puluh rupiah) yang bersumber dari Dana Desa tahun 2023, TPK membangun jalan desa yang memiliki lebar 2 meter tersebut dengan cara di rabat beton. Cara ini dipilih karena dinilai lebih cocok dari pada di aspal.


Setelah dipertimbangkan dari berbagai segi. Perlu waktu 30 hari kerja lamanya, bagi TPK menuntaskan kegiatan pembangunan jalan desa yang memiliki ketebalan kurang lebih 12 cm tersebut dengan mempekerjakan sekitar 20-30 orang pekerja.


Dimana dalam perekrutan pekerjanya menggunakan skema Padat Karya Tunai (PKT) guna mengurangi tingkat pengangguran dan dapat meningkatkan pendapatan para perkerjanya dari upah kerja yang mereka terima. 


Ditemui ditempat terpisah, Anda" selaku TPK Desa Cilayang mengatakan dengan skema PKT tersebut juga menjadi pemicu dalam meningkatnya swadaya dan partisipasi masyarakat desa yang berada disekitar lokasi pembangunan dalam bentuk serapan tenaga kerja, makanan, bahan material dan sebagainya. 


Penulis: Humedi

Editor [Es]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Realisasikan Pembangunan Jalan Desa yang Bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun 2023

Trending Now

Iklan