Perayaan Festival Literasi, Numerasi dan Lomba Puisi Sangat Spektakuler Yang Di Adakan Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar (KM) Agkatan 6.

SULTANNEWS.CO.ID
Sabtu | 07:11 WIB Last Updated 2023-10-28T00:13:19Z



PANDEGLANG- Mahasiswa Kampus Mengajar (KM) Agkatan 6 melakukan kegiatan Festival Literasi, numerasi dan Lomba Puisi di Sekolah Dasar Negri (SDN) Pangkalan kecamatan Sobang Kabupaten Pandeglang. Kegiatan tersebut dilakukan sejak pada hari Rabu-Kamis, 25-26 Oktober 2023.



kebijakan literasi ini dan minat baca, dalam festifal literasi untuk pertama kalinya di lakukan di SDN Pangkalan 2, kecamatan sobang kabupaten pandeglang, kini digelar oleh Mahasiswa. Jum'at (27/10/2023). 



Muhamad Fadliansyah selaku ketua kelompok Kampus Mengajar Angkatan 6 mengatakan. Dari acara yang berlangsung selama dua hari tersebut menghadirkan berbagai kegiatan yang dirancang untuk memperkuat keterampilan literasi di kalangan siswa-siswi di antaranya yaitu : sosialisasi 3 dosa besar pendidikan, membaca puisi, ecoprint, pameran alat peraga matematika, pembuatan taman mini sekolah serta melakukan penanaman secara hidroponik." Ujarnya 



"Lanjut menyampaikan kegiatan Sosialisasi 3 dosa besar pendidikan yang bertujuan untuk mengedukasi siswa/i dalam tatacara bermasyarakat di sekolah guna untuk menciptakan lingkungan sekolah yang damai serta bebas dari bullying, intoleran dan kekersan seksual pada perempuan dan anak, serta dilanjutkan dengan acara baca puisi. 



Festival literasi di SDN Pangkalan 2 tidak hanya menginspirasi siswa untuk lebih mencintai literasi tetapi juga menciptakan ikatan yang erat antara siswa dan guru dalam mendukung pendidikan yang berkualitas, dan festifal literasi ini adalah bukti nyata komitmen sekolah terhadap pendidikan yang holistik. Di harapkan, semangat berliterasi di acara ini akan terus membara dan membawa manfaat jangka panjang bagi siswa. Semoga festival ini menjadi awal dari perjalanan panjang untuk menciptakan generasi yang berpengetahuan dan berwawasan." Ungkap ketua Kelompok Muhamad Fadli tansah. 



Dede Sopiyati selaku kepala sekolah SDN Pangkalan 2 dalam sambutannya, menekankan betapa pentingnya berliterasi dalam membentuk kualitas siswa dan betapa berbahayanya 3 dosa besar pendidikan jika ketiga hal itu terutama bullying masih melekat di lingkungan sekolah.



"Tiga dosa besar pendidikan sangat berbahaya jika ketiga hal itu terutama bullying masih melekat di lingkungan sekolah" Ungkapnya



"Tak hanya tentang literasi, pada festifal kali ini menghadirkan juga tentang numerasi karena banyaknya anggapan siswa bahwa matematika itu pelajaran yang sangat menakutkan dan membosankan menjadikan mahasiswa KM6 SDN Pangkalan 2 menghadirkan pameran alat peraga matematika di acara fetival literasi ini guna untuk menghapus dogma siswa yang sudah melekat dari masa ke masa sehingga siswa dapat tahu bahwa sebenarnya pembelajaran matematika itu juga bisa menjadi mudah dan menyenangkan” Paparnya



Pada festival literasi dan numerasi ini juga menyuguhkan literasi sains yakni penerapan sustainable Development Goals (SDGs) tentang mitigasi perubahan iklim yang menghadirkan kegiatan reboisasi pembuatan taman mini sekolah serta penanaman secara hidroponik guna untuk mengajarkan siswa bertanggung jawab terhadap lingkungan, mendorong kreativitas dan ekspresi seni, serta mendorong pembelajaran aktif dengan cara mempelajari tentang berbagai tumbuhan, ekosistem, dan siklus hidup alami. "Tutup Dede


Penulis : Fauji F [Editor:Entis s]


iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perayaan Festival Literasi, Numerasi dan Lomba Puisi Sangat Spektakuler Yang Di Adakan Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar (KM) Agkatan 6.

Trending Now

Iklan