Mahasiswa KKNT LLDIKTI IV Gelar Seminar & Sharing di Desa Kertamukti Pandeglang

sultannews.co.id
Rabu | 08:03 WIB Last Updated 2023-09-06T01:03:34Z

Pandeglang - Tim Monitoring & Mahasiswa KKNT LLDIKTI IV desa Kertamukti gelar seminar & sharing session bertemakan "Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Literasi Dan Inklusi Keuangan" yang di selenggarakan di balai desa Kertamukti pada Selasa, 5 September 2023. 


KKNT LLDIKTI IV Desa Kertamukti ini di dampingi oleh Ifat Hanifah, S.H., MH. selaku dosen pembimbing lapangan dan terdiri dari 3 perguruan tinggi yaitu, Universitas Mathla'ul Anwar, STKIP Babunnajah, dan STKIP Syekh Manshur.


Seminar & sharing session pada kali ini di hadiri oleh Camat Sumur, Kapolsek Sumur, Kelompok Tani Kertamukti, Perangkat Desa serta masyarakat.


Kegiatan ini di narasumberi oleh Prof.Dr.H.M.Syadeli Hanafi, M.Pd.H. selaku tim monitoring LLDIKTI IV yang di pandu oleh ketua kelompok KKNT yaitu M.Saiful Rahman.


"Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami perencanaan keuangan, sehingga dapat mencapai stabilitas keuangan" ujar narasumber.


Hasil survei OJK pada tahun 2022 menunjukkan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan di daerah pedesaan hanya mencapai 48,43 persen dan 82,69 persen lebih rendah dari perkotaan dengan angka 50,52 persen dan 86,73 persen.


Lebih lanjut lagi narasumber menyinggung persoalan mengenai Pinjaman Online Ilegal Banyak masyarakat yang mengenal layanan jasa keuangan namun tidak memahami risiko yang ada di belakang, jangan sampai masyarakat terbuai kesenangan sesaat. 


"Hari ini kita melihat banyaknya korban dari pinjol (pinjaman online) ilegal, hal itu menandakan rendahnya literasi keuangan masyarakat kita". Pungkasnya


Dengan adanya seminar & sharing session mengenai literasi dan inklusi keuangan ini di harapkan masyarakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga sistem keuangan. [Fauzy/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT LLDIKTI IV Gelar Seminar & Sharing di Desa Kertamukti Pandeglang

Trending Now

Iklan