Panwaslu Patia Pandeglang Himbau ASN dan Perdes Hindari Aktivitas Politik

sultannews.co.id
Rabu | 17:18 WIB Last Updated 2023-08-23T10:18:22Z

Pandeglang - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Patia Kabupaten Pandeglang, Menghimbau kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan perangkat desa di lingkungan kecamatan patia agar menghindari kegiatan atau aktivitas terkait politik praktis dalam Pemilihan Umum 2024.


"ASN, kepala desa, beserta seluruh jajaran perangkat desa tidak boleh terlibat dalam politik praktis," ucap ketua panwaslu kecamatan patia, Budi Hendrayani. 


Pernyataan Budi Hendrayani berkaitan dengan tahapan pencalonan untuk pemilihan legislatif tingkat kabupaten, provinsi dan DPR-RI serta DPD pada Pemilu 2024.


Ia menegaskan bahwa ASN, kepala desa beserta seluruh jajarannya, tidak boleh terlibat dalam politik praktis menjadi tim sukses salah satu kandidat legislatif.


Ia menerangkan bahwa netralitas ASN, kepala desa beserta perangkat pemerintah desa tertuang dalam Pasal 280 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017.


Pentingnya netralitas ASN ini juga dibahas dalam Undang-undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.


"ASN, kepala desa dan seluruh perangkat pemerintah desa, tidak boleh terlibat dalam kegiatan kampanye," kata dia.


Ia juga mengemukakan bahwa larangan kepala desa terlibat sebagai pengurus partai politik dan terlibat dalam kegiatan kampanye pemilu maupun pilkada disebutkan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.


Sebelumnya, berdasarkan data hasil pengawasan Jajaran Panwaslu kecamatan patia dalam tahapan pencalonan legislatif tingkat DPRD. diduga terdapat 1 orang perangkat desa yang masih aktif menjadi salah satu tim sukses salah satu partai. Dan kami akan memanggilnya untuk di mintai keterangan. [Ty/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Panwaslu Patia Pandeglang Himbau ASN dan Perdes Hindari Aktivitas Politik

Trending Now

Iklan