Mahasiswa KKM 10 Universitas Primagraha, Gelar Penyuluhan Stunting Didesa Salapraya Pandeglang

sultannews.co.id
Senin | 13:06 WIB Last Updated 2023-08-07T06:06:02Z

Pandeglang- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 10 Universitas Primagraha menggelar penyuluhan stunting di Desa Selapraya, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang- Banten.


Ketua pelaksana kegiatan, Sopiyah mengatakan penyuluhan stunting merupakan kegiatan unggulan yang kami rencanakan dalam program kerja KKM.


"Kegiatan ini merupakan program kerja KKM untuk menstabilkan sumber pengetahuan untuk masyarakat Desa Salapraya khususnya para kader posyandu, karena penyuluhan ini bagian dari pada mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan hidup sehat," ujarnya, Senin (7/8/23).


Selain itu, Sopiyah juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak puskesmas Jiput yang sudah berkenan, hadir dan memberikan beberapa materi soal pola hidup sehat dan stunting.

 

"Saya mengucapkan terima kepada puskesmas Jiput sudah hadir dalam penyuluhan ini dan saya juga senang dengan pihak desa selalu antusias dan suport dalam lini kegiatan proker KKM ini," katanya.


Sementara, kepala desa salapraya Siti Badriah yang juga ketua TPPKK mengatakan dengan dilakukan kegiatan oleh KKN Kelompok 10 Universitas Primagraha ini dapat bermanfaat untuk masyarakat. 


"Semoga kegiatan penyuluhan stunting ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang hadir untuk tetap menjaga pengetahuan terkait stunting dan hidup sehat," katanya.


Hal senada juga dikatakan oleh perwakilan puskesmas Jiput, Harun dalam materi yang disampaikan pada penyuluhan stunting ini mengatakan agar menjaga selalu jaga kesehatan.


"Agar selalu menjaga pola hidup sehat. Hidup sehat itu sangat penting untuk kita lakukan dengan keterbiasaan," katanya.


"Kita sama sama saling mengingatkan dalam melakukan aktifitas kecil. Mungkin hidup sehat ketika di awali dengan pertama kali itu memang bisa di katakan rumit dengan tahapan,namun baik untuk jangka panjang seperti mencuci tangan sebelum makan," sambungnya.


Masih ditempat yang sama, Rifal Masis Falah perwakilan dari Puskesmas Jiput mengatakan Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.


"Untuk di pahami, Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.Pada saat bayi lahir persalinan ditolong oleh bidan atau dokter terlatih. Pada saat bayi lahir, segera lakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD)," jelasnya. [Mklis/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKM 10 Universitas Primagraha, Gelar Penyuluhan Stunting Didesa Salapraya Pandeglang

Trending Now

Iklan