Dukung Kemahiran Berbahasa, Mahasiswa Unma Banten Gelar UKBI Adaptif Merdeka

sultannews.co.id
Rabu | 17:43 WIB Last Updated 2023-08-16T10:44:46Z

Serang - Mahasiswa UNMA Banten Prodi Diksatrasiada menggelar tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Rabu, (16/08/23).


Pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi menjadi empat sesi dan diikuti sebanyak 34 mahasiswa tingkat akhir di laboratorium UNMA yang berlokasi di Jalan Raya Cikaliung, Sodong. 


Purlilaiceu M.Pd. selaku Dosen Bahasa Indonesia mengatakan Kegiatan tes UKBI Adaptif Merdeka ini merupakan bentuk kolaborasi bersama Kantor Bahasa Provinsi Banten, bertujuan untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah hingga kemahiran yang tertinggi.


Berdasarkan kiriman rilis yang diterima Sultannews co.id, UKBI Adaptif ini dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan pelaksanaan ujinya dilakukan secara daring. 


Tes UKBI Adaptif Merdeka tersebut dijadikan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan mahasiswa tingkat akhir Prodi Diksatrasiada sebagai prasyaratan untuk penulisan skripsi. 


Manfaat dari tes UKBI ini mahasiswa bisa paham bahwa berbahasa Indonesia tidak hanya digunakan secara praktis untuk berbicara saja, melainkan juga harus menguasai kaidah kebahasaan dan aspek keterampilan berbahasa lainnya. 


Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Diksatrasiada menyampaikan bahwa penting bagi seluruh calon pendidik untuk menguasai kompetensi berbahasa Indonesia sebagai ‘bekal’ mereka mengajar. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi langkah konkret dalam menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. [Fzy/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung Kemahiran Berbahasa, Mahasiswa Unma Banten Gelar UKBI Adaptif Merdeka

Trending Now

Iklan