Peningkatan Jalan Buniayu-Pagedangan Udik, Diduga CV Berkah Anugerah Pratama Curi Kubikasi

sultannews.co.id
Jumat | 23:10 WIB Last Updated 2023-07-22T20:32:11Z

Tangerang - Adanya kegiatan peningkatan Jalan Buniayu-Pagedangan Udik, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten yang dikerjakan CV Berkah Anugerah Pratama dengan nilai anggaran Rp2.400.748.000.


Namun pada paket kegiatan itu, diduga CV. Berkah Anugerah Pratama dalam pelaksanaan curi kubikasi ketebalan beton.


Dari pantauan media dilokasi, untuk ketinggian beton dilapangan setelah dilakukan pengukuran tarik benang bervariasi. Dimana hasil ukur didapatkan ketebalan mulai dari 15 cm - 20 cm.


Selain kurangnya ketinggian beton dengan mutu FS 45 dengan uji slump 10 ± 2, pemasangan besi dowel diduga tidak persegmen atau perlima meter serta ukuran besi dowel menggunakan besi ukuran berdiameter 19 cm.


Dengan adanya dugaan kejanggalan tersebut, Cecep, RH selaku Ketua DPW LSM Aliansi Pemantau Kinerja Aparatur Negara (APKAN) menilai CV. Berkah Anugerah Pratama kuat dugaan telah mengurangi kubikasi ketinggian beton.


"Hasil pantauan saya bersama rekan media dilokasi ditemukan ketinggian beton yang seharusnya 20 cm, akan tetapi fakta dilapangan hanya 18 cm, bahkan beberapa waktu yang lalu ketinggian ada yang 15 cm. Tentu saja itu sudah jelas mengurangi kubikasi beton," kata Cecep, Jum'at (21/07/2023).


Dijelaskan Cecep, seharusnya 1 TM dengan isi 6 meter kubik, apabila ketinggian beton 20 cm dan lebar 4 meter, hasil yang didapatkan setelah beton digelar sepanjang 7,5 meter.


"Tapi setelah dilakukan gelar beton, 1 TM hasilnya lebih dari 7,5 meter. Berarti itu sudah jelas adanya ketinggian yang tidak mencapai 20 cm," jelasnya.


Ketika dikonfirmasi kata Cecep, pihak konsultan yang namanya tidak mau disebut mengatakan untuk ukuran pembesian pada dowel menggunakan ukuran besi 22 dan pemasangannya harus persegmen.


"Untuk besi dowel ada yang ukurannya 19 dan dipasangnya tidak persegmen, melainkan permobil. Dan informasi yang saya dapat untuk pelaksana dilapangan namanya Nuji," terangnya.


Sementara saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Nuji membantah jika dirinya sebagai pelaksana dari CV. Berkah Anugerah Pratama.


"Bukan pak, kurang tau," singkatnya.


Untuk diketahui, kegiatan peningkatan Jalan Buniayu - Pagedangan Udik dengan nilai anggaran Rp 2.400.748.000,00 bersumber dari APBD Kabupaten Tangerang tahun anggaran 2023 yang sedang dikerjakan CV. Berkah Anugerah Pratama dalam tahapan pekerjaannya diduga mengurangi kubikasi ketinggian beton. [Lahudin/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peningkatan Jalan Buniayu-Pagedangan Udik, Diduga CV Berkah Anugerah Pratama Curi Kubikasi

Trending Now

Iklan