Melalui Kajian Ramadan, Cendikiawan Sebut Pentingnya Pendokumentasiaan Mathla'ul Anwar dari Berbagai Aspek

sultannews.co.id
Kamis | 02:37 WIB Last Updated 2023-04-05T19:56:06Z


Pandeglang, STN - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Himpunan Mahasiswa Mathla’ul Anwar (HIMMA) Banten dan Mathla’ul Anwar Community Studies (MACS) Institute menggelar kajian ramadan dengan tajuk “Membaca Mathla’ul Anwar dari Zaman ke Zaman” yang dilangsungkan di Masjid An Nur, Cikaliung, Pandeglang. 


Kajian Ramadan yang diikuti puluhan kader HIMMA ini menghadirkan Dr. Ahmad Rofiq, M.Fil.I Cendekiawan Mathla’ul Anwar dan Dhona el – Furqan Direktur Badan Wakaf Mathla’ul Anwar (BWMA).


Ahmad Syafaat Ketua DPW HIMMA Banten mengatakan bahwa kajian ini merupakan kajian tematik dengan narasumber dari internal maupun eksternal Mathla’ul Anwar.


"Kami meneruskan tradisi berdiskusi yang diwariskan para pendahulu dan pemikir Mathla’ul Anwar dalam rangka membangun khazanah intelektual," ucap Ahmad Syafaat yang juga Koordinator Relawan Mathla’ul Anwar, Selasa (5/4/23).


Dalam pembahasannya Dr Ahmad Rofiq menyampaikan bahwa Mathla’ul Anwar dalam perkembangannya melalui berbagai peristiwa hebat yang mendewasakan organisasi.


Penulis disertasi Mathla’ul Anwar itu menekankan akan pentingnya pendokumentasian Mathla’ul Anwar di berbagai aspek dari zaman ke zaman.


"Madrasah-madrasah Mathla’ul Anwar yang berdiri sekarang itu dibangun dari skema wakaf," papar Dhona el – Furqan, Direktur BWMA.


Ia menyampaikan bahwa MA dibangun dari spirit wakaf. 


"Ya, secara akar historikal MA dibangun dari semangat berwakaf,"sambungnya.


Sementara itu, Revi Setiawan Direktur Program MACS Institute menyampaikan bahwa kajian ramadan ini sebagai kelanjutan dari visi Mathla’ul Anwar Menata Umat Merekat Bangsa.


“Kita mesti menyambut perjalanan abad kedua Mathla’ul Anwar. Salah satunya dengan membicarakannya, menjadikannya sebagai tema diskusi,” tutupnya.


Koresponden: Ahmad S

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Melalui Kajian Ramadan, Cendikiawan Sebut Pentingnya Pendokumentasiaan Mathla'ul Anwar dari Berbagai Aspek

Trending Now

Iklan