Saat Latihan Sirkuit Mandalika Dinilai Kotor, Jonathan Rea: Ini Bencana!

sultannews.co.id
Jumat | 23:10 WIB Last Updated 2023-03-03T16:12:40Z


Lombok, STN – Pembalap Kawasaki Racing, Jonathan Rea, melempar kritikan untuk Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia jelang WSBK Mandalika 2023. Dinilai kotor, Jonatan Rea merasa kondisi Sirkuit Mandalika saat ini bisa menjadi bencana di WSBK Mandalika 2023.


Penilaian ini disampaikan Jonatan Rea usai menjalani dua sesi latihan bebas WSBK Mandalika 2023. Sesi latihan bebas 1 digelar pada hari ini, Jumat (3/3/2023) pukul 09.00-09.45 WIB. Kemudian, ada sesi latihan bebas 2 yang digelar pada pukul 12.00-12.45 WIB.


Selama digunakan balapan di dua sesi itu, Jonatan Rea merasa kondisi sirkuit kotor sehingga membuat ban motornya menjadi cepat habis. Kondisi ini tentunya bisa memberi bahaya baginya.




Akibat kondisi trek yang kotor juga, Rea gagal berbicara banyak. Dia hanya berada di tempat keempat dalam dua sesi latihan bebas.


"Trek tidak memiliki abrasi karet, sangat kotor. Jadi sesi pertama adalah bencana. Kami menghancurkan ban depan. Dan Anda tahu, dengan alokasi ban yang ada, kami hanya harus konservatif,” kata Rea, dilansir dari Crash, Jumat (3/3/2023).


“Saya memilih untuk hanya mengendarai bagian terakhir dari FP1. Dan bahkan setelah beberapa lap dengan ban balap pilihan normal kami, kami menghancurkannya. Bagian belakang tidak sempurna, tapi itu adalah ban depan yang kami gunakan,” tambahnya.


“Kemudian di FP2, kami fokus pada keseimbangan bobot yang berbeda pada motor, mencoba menghilangkan bobot dari depan, mencoba menyelamatkan ban depan. Saya pikir ban depan adalah akan menentukan balapan,” jelas pembalap berusia 36 tahun itu.


Rea berharap kondisi trek bakal lebih baik pada besok hari. Sebab, ada sesi penting yang berlangsung besok, yakni Race 1 WSBK Mandalika 2023.


“Tentu saja, saya berharap trek menjadi lebih baik besok,” jelas Rea.


“Ini akan menjadi lebih banyak karet, lebih bersih dan kemudian, Anda tahu, ini akan mengurangi kerusakan ban,” pungkasnya.


Sejatinya, terkait kondisi tren Sirkuit Mandalika ini sudah beberapa kali mendapat keluhan. Selain oleh pembalap WSBK, rider dari ajang MotoGP yang turut mentas di sana juga berkali-kali mengeluh. [Red/*]


Sumber: Okezone.com

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Saat Latihan Sirkuit Mandalika Dinilai Kotor, Jonathan Rea: Ini Bencana!

Trending Now

Iklan