Protes UU Ciptaker, Bem UI Sebut DPR Dewan Perampok Rakyat

sultannews.co.id
Kamis | 16:31 WIB Last Updated 2023-03-23T15:20:46Z

 

Dok. Tangkap Layar Unggahan Bem UI di akun Twitternya @BEMUI_Official. (ist)


Jakarta, STN - Perppu Cipta Kerja yang baru saja disahkan oleh DPR menjadi Undang-Undang menuai protes dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) 


Aksi protes atas pengesahan kebijakan itu diaktualisasikan dengan membuat konten di media sosial 'DPR: Dewan Perampok Rakyat'. 


Melalui medium itu, BEM UI kemudian mengunggah wajah Ketua DPR Puan Maharani yang berbadan tikus.


"Lebih pantas diganti namanya menjadi Dewan Perampok, Penindas, ataupun Pengkhianat Rakyat. Sebab produk hukum inkonstitusional yang mereka sahkan kemarin jelas merampas hak-hak masyarakat, mengkhianati konstitusi, dan tak sesuai dengan isi hati rakyat," umpatan ini disampaikan oleh Ketua BEM UI Melki Sedek Huang terkait unggahan itu untuk menggambarkan kemarahan terhadap DPR.


Dilansir dari idntimes.com, Melki menillai, DPR seharusnya menuruti putusan Mahkamah Konstitusi untuk memperbaiki UU Cipta Kerja.


 Tapi, DPR malah mendukung tindakan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan mengesahkan Perppu Cipta Kerja yang menurutnya menyalahi konstitusi.


"Melalui publikasi tersebut kami ingin sampaikan pada masyarakat untuk jangan berharap dan percaya banyak pada DPR saat ini, karena bagi kami DPR tak lebih dari perampas hak masyarakat dan pelanggar konstitusi," ujarnya.


Sementara itu, politikus senior PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menilai, kritik BEM UI dengan mengunggah wajah Puan Maharani berbadan tikus adalah tindakan yang kurang patut. Ia mengklaim, selama ini DPR selalu memperhatikan kritik dari kampus dan selalu diberi ruang.


"Rasanya kurang patut apabila mahasiswa menyampaikan umpatan-umpatan yang kurang terdidik, asal bunyi, merendahkan akal budi. Ajak wakil-wakil rakyat berdiskusi, berdebat, secara terbuka dan mendasar," ujarnya.


Kami berharap mahasiswa kembali bergerak dalam koridor dan etika akademik. Itulah esensi peran dan kontribusi insan kampus dalam membangun peradaban bangsa, bukan melakukan umpatan-umpatan yang dangkal dan spekulatif," imbuhnya. 


Editor: Zami | Sumber: IND Times

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Protes UU Ciptaker, Bem UI Sebut DPR Dewan Perampok Rakyat

Trending Now

Iklan