Untuk Menyelamatkan Aset Daerah, BUMDes Timba Segera Akan Menggali Potensi SDA Dan Membina SDM Desa Wayhawang

sultannews.co.id
Jumat | 15:59 WIB Last Updated 2023-02-24T09:07:12Z


Bengkulu, STN – Dengan sudah terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Timba Segera,  BUMdes Timba Segera akan menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) dam membina Sumber Daya Manusia (SDM) Desa Wayhawang Kecamatan Maje Kabupaten Kaur dengan harapkan dapat meningkatkan perekonomian desa dan memanfaatkan potensi dan kekayaan alam desa.


Perlu diketahui Desa Wayhawang adalah salah satu desa yang termasuk dalam Wilayah Administrasi Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, desa ini salah satu desa induk Kabupaten Bengkulu Selatan sebelum Kabupaten Kaur mekar menjadi Kabupaten, desa wayhawang memiliki kekayaan sumberdaya alam yang cukup pantastik, dimana wayahawang terkenal dengan wisata lautnya yaitu Pantai Batu Jung, konon Batu Jung adalah sebuah kapal laut menjadi batu sumpahan sipahit lidah.


Dok. Pantai Batu Jung. (ist)

Sejarah Pantai Batu Jung dari dulu sudah lama terkenal di kalangan masyarakat Provinsi Bengkulu umumnya Sumatra bahkan Pantai Batu Jung pernah Menjadi Icond wisata di Kabupaten Bengkulu selatan dahulunya, namun seiring dengan perkembangannya Pantai Batu Jung Bukannya berkembag kearah kemajuan, namun mengalami kemerosotan. 


Dengan kemerosotan wisata tersebut sudah pasti Aset yang dibangun oleh pemerintah Daerah kabupaten Kaur ikut terbengkalai bahkan banyak yang hancur karna tidak ada perawatannya.


Terinspirasi dan termotivasi dari sejarahnya dan kebutuhan desa, Pemerintah Desa Wayhawang mengambil tindakan dengan mengadakan rapat desa dengan pembahasan pembentukan Badan usaha Milik Desa atau kerap kali kita dengar dengan sebutan BUMDes, berawal dari situ terbentuklah BUMDes Dengan nama BUMDes Timba Segera yang di komandoi oleh putra dareah yang bernama Apen Sahyar, S.T.


Saat ditemui Kepala Desa Wayhawang Ahmad Marzuki, Mt.Pd mengatakan bahwa pembentukan BUMDes tersebut tak lepas dari dorongan masyarakat untuk mengembangkan serta membangkitkan kembali kejayaan wisata desanya. 


“saya menilai masyarakat, semangatnya sangat tinggi untuk membenahi dan memajukan wisata pantai batu jung, dengan kemauan dari masyarakat saya juga sependapat, maka kita bentuk BUMDes tersebut, selain untuk memajukan wisaya saya prihatin dengan bangunan yang ada di wisata yang sudah lapuk dan terbengkalai mudah-mudahan dengan terbentuknya BUMDes, mereka dapat merawat dan memanfaatkan aset pemerintah Daerah  itu,” Ujarnya, Jum'at (24/2/23).


Untuk mewujudkan program kerja BUMDes Timba Segera pemerintah desa wayhawang merencanakan pembangunan kolam renang yang dilengkapi dengan pasilitasnya dengan sumberdana dari Dana Desa wayhawang.


Ditempat terpisah Direktur BUMDes timba Segera Apen Sahyar, S.T mengatakan akan mengemban kepercayaan pemerintah desa dan amanah masyarakat umumnya, saya akan proaktif dalam pengelolahan wisata dan akan menjaga aset PEMDA Kabupaten kaur itu supaya terwujudnya ekonomi desa yang mandiri dan terciptanya lapangan pekerjaan.


“saya selaku Direktur BUMDes yang dipercaya PEMDES dan Masyarakat akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola wisata Pantai Batu Jung baik dari tataanya maupun manajemennya, supaya terciptanya ekonomi desa yang mandiri dan pemudanya memiliki lapangan pekerjaan di desa,”ucapnya kepada sultannews.co.id


Dari semangat mayarakat dan dukungan pemerintah desa yang diwujudkan dengan kerja nyata berharap cita – cita semua kalagan dapat terwujud hal itu sudah pasti membutuhkan dukungan penuh dari PEMDA Kabupaten Kaur, Pemda Provinsi Bengkulu serta Pihak lain yang berkompeten yang memiliki pemikiran untuk memanjukan wisata.


Reporter: Kondri Opta Juliansyah

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Untuk Menyelamatkan Aset Daerah, BUMDes Timba Segera Akan Menggali Potensi SDA Dan Membina SDM Desa Wayhawang

Trending Now

Iklan