Komisioner KPU Akui Tak Tahu Soal Isu Penundaan Pemilu 2024

sultannews.co.id
Senin | 10:44 WIB Last Updated 2023-02-20T05:30:41Z

Jakarta, STN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Kholik mengaku tidak tahu menahu terkait isu penundaan Pemilu 2024, termasuk kabar baru mengenai adanya pendunaan besar untuk merealisasikan wacana tersebut.


Hal itu disampaikan Idham dalam diskusi yang digelar Lembaga Survei KedaiKOPI bertajuk OTW 2024 “Setahun Jelang Pemilu, Mata Rakyat Tertuju ke KPU dan Bawaslu”.


“Saya saja nggak tahu, mengenai isu tersebut saya ngggak tahu sama sekali,” kata Idham dikutip dari kanal YouTube Survei KedaiKOPI, Minggu (19/2/2023).


Idham justru menegaskan, sebagai penyelanggara pemilihan umum, KPU berkomitmen menyelenggarakan Pemilu 2024 sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah disepakati bersama.


“Terkait isu penundaan Pemilu yang tadi sempat dikemukakan, Pasal 167 ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 di mana dijelaskan penyelenggaraan Pemilu diselenggarakan setiap lima tahun sekali,” ujar Idham.


Merujuk aturan itu, Idham menegaskan bahwa sesuai konstitusi pelaksanaan Pemilu digelar tiap lima tahun. Artinya Pemilu memang harus digelar pada 2024, mengingat Pemilu terakhir dilaksanakan pada 2019.


“Jadi perintah Pemilu setiap lima tahun sekali adalah perintah UUD, perintah konstitusi,” kata Idham.


Idhan mengatakan KPU RI terus melaksanakan tahapan-tahapan yang ada, sembari menghitung waktu pencoblosan yang kurang dari satu tahun lagi, yakni 14 Februari 2024.


“Ini ternyata sudah berlalu delapan bulan lebih, tidak terasa, tinggal 12 bulan ke depan dan kami meyakini bahwa tahapan ini on the track, yang di mana pada tanggal 14 Februari nanti pemilih Indonesia baik di dalam maupun luar negeri menggunakan hak pilihnya datang ke TPS,” tutur Idham.


“Kami sangat yakin itu karena penyelenggaraan Pemilu setiap lima tahun ini tidak hanya perintah UU Pemilu, tapi UUD,” tandasnya. [Red]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komisioner KPU Akui Tak Tahu Soal Isu Penundaan Pemilu 2024

Trending Now

Iklan