Jika Negosiasi Tak Kunjung Berhasil, TNI-Polri Siapkan Operasi Bebaskan Pilot Susi Air

sultannews.co.id
Senin | 21:58 WIB Last Updated 2023-02-22T15:54:05Z
Dok. Saat Pilot Susi Air di Sandera Oleh KKB Papua. (ist)

Papua, STN - Pilot Susi Air Kapten Philips Max Marthin masih menjadi tahanan Oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Namun demikan Polri terus berupaya melakukan dialog secara persuasif atau lewat negoisasi agar sang pilot bisa dibebaskan. Sayangnya, upaya Polri masih belum menemukan hasil.


“Kita terus berupaya melakukan pembebasan pilot Susi Air. Sampai sekarang belum ada permintaan dari KKB. Kita juga terus melakukan upaya pencarian,” jelas Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Wibowo, pada hari Senin (20/2/2023).


Kabid Humas Polda Papua menambahkan, negosiasi dengan KKB Papua dilakukan dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nduga.


“Kita tentunya menunggu kabar baik dari hasil dialog tersebut. Sementara belum ada konfirmasi kembali dari Pemda,” tambahnya.


Sebelumnya, Tim Gabungan TNI-Polri masih bernegosiasi dengan KKB Papua. Mereka masih berupaya membebaskan pilot Susi Air yang kini menjadi tahanan KKB, dengan cara persuasif.


“Negosiasi dengan KKB tak hanya dilakukan oleh TNI-Polri. Namun juga melibatkan para tokoh agama, tokoh gereja setempat untuk berkomunikasi dengan KKB Papua,” ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Jakarta, Minggu, (19/2/2023).


Sebelumnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kagoya, telah membawa pilot Susi Air, Phillip Merthens, keluar dari Paro. Hal itu dipastikan usai TNI-Polri menduduki Paro untuk menangani kasus tersebut.


“Sementara tidak ada pilot Susi Air (di Paro), tidak ada aktivitas warga di sana. Sudah dipastikan,” ungkap Kepala Ops Damai Cartenz, Kombes. Pol. Faizal Ramadhani, pada hari Kamis (16/2/2023).


Menurutnya, Egianus Kagoya cs pun diduga menyebarkan informasi terkait penyanderaan dengan sengaja. Dari informasi tersebut, ujarnya, tim akan menganalisa keberadaan KKB beserta pilot Susi Air.


“Ya kalau saya pikir, pasti HP saja mereka punya dan sekarang ini kan dari HP saja sudah bisa menyebarkan,” jelasnya.


Terkait dengan upaya soft approach, ia menerangkan, akan dipimpin oleh Kapolres Nduga. Upaya penyelamatan pun akan dilakukan secara maksimal.


Sebelumnya, Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani. S. Sos. S.I.K. M.H., memimpin langsung jalannya olah TKP Pembakaran Pesawat Susi Air oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Paro pada hari Selasa (14/02/2023) lalu. [Red/*]

iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jika Negosiasi Tak Kunjung Berhasil, TNI-Polri Siapkan Operasi Bebaskan Pilot Susi Air

Trending Now

Iklan