Walikota Serang Gelar Sayembara, Siapkan Bonus Uang Bagi Warga Penangkap Pembuang Sampah Sembarangan

sultannews.co.id
Senin | 11:50 WIB Last Updated 2023-01-30T05:07:41Z
Dok. Wali Kota Serang (ist)


SULTANNEWS.CO.ID | Walikota Serang Syafrudin menggelar sebuah sayembara dengan menyiapkan bonus uang, Sayembara Walikota Serang itu diperuntukkan bagi warga Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang.


Walikota Serang dalam sayembara itu bakal memberikan jika ada warga yang berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan.


Bonus ini sebagai bentuk apresiasi bagi warga yang berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan di Kota Serang.


Syafrudin mengatakan, di jalur Perumahan Taman Mutiara-TBL masih ada tumpukan sampah liar, karena ulah prilaku masyarakat yang membuang sampah bukan pada tempatnya.


"Tangkap yang buang sampah sembarangan. Bawa ke kantor kelurahan. Nanti dikasih uang Rp 500 ribu," ujarnya kepada media, Minggu 29 Januari 2023.


Menurut Syafrudin, lingkungan bersih manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh manusia, tapi juga semua mahkluk hidup dan alam.


"Lingkungan bersih untuk kita semua. Kalau banyak sampah banyak penyakit. Kalau sudah kena penyakit kan sakit, tidak bisa usaha. Jadi kesehatan nomor satu bagaimana ya harus bersih," jelas dia.


Ia menjelaskan, pemberian bonus ini sebagai bentuk apresiasi apabila berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan.


"Iya buat apresiasi saja yang menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan. Terutama di jalur TBL sampai Taman Mutiara," katanya.


"Soalnya gak kelar-kelar. Udah diangkut numpuk lagi numpuk lagi. Makanya menjadi perhatian masyarakat," jelas dia.


Syafrudin mengakui menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan bukan salah satu cara untuk memberikan efek jera kepada masyarakat.


"Sebenarnya bukan salah satu cara. Banyak cara sebenarnya mah. Tergantung masyarakatnya," katanya.


Menurut Syafrudin, sebenarnya banyak cara untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang buang sampah sembarangan.


"Mungkin itu salah satu cara. Tapi msyarakat bisa diimbau atau diumumkan di masjid, lagi musyawarah diumumkan, penangkap pelakunya itu juga bagian mungkin efektif," terang Syafrudin.


Syafrudin mengungkapkan, belum lama ini Forum Kelurahan RW se Kelurahan Unyur berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan di lokasi jalur Perumahan Taman Mutiara-TBL.


Syafrudin pun langsung mengganjar bonus berupa uang Rp 1 juta untuk penangkap dan Forum RW se Kelurahan Unyur.


Bila warga Kelurahan Unyur kembali berhasil menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan yang lain, ia mengaku siap memberikan bonus lagi.


Syafrudin meminta penangkapan pelaku ril sesuai fakta bukan hasil rekayasa.


"Ya gak apa-apa kalau ada mah. Tapi jangan dibuat-buat," pintanya.


Syafrudin mengatakan, pemberian bonus penangkap pembuang sampah, sementara hanya berlaku di wilayah Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang.


"Lah rame kalau begitu mah. Itu mah khusus buat masyarakat TBL aja, sebab di situ sampahnya gak habis-habis, sering tidak ada ujungnya. Makanya diberikan hadiah. Tapi kalau se Kota Serang mah susah atuh," beber dia.


Syafrudin pun menginstruksikan kepada organisasi perangkat daerah atau OPD terkait, untuk terus berinovasi agar lingkungan Kota Serang bersih dan nyaman.


"Saya berharap DLH berinovasi bagaimana caranya, supaya lingkungan Kota Serang, ini bersih. Dulu mah masih acak-acakan, sekarang alhamdulilah mending," katanya. [Red/Ahmd]


iklaniklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Walikota Serang Gelar Sayembara, Siapkan Bonus Uang Bagi Warga Penangkap Pembuang Sampah Sembarangan

Trending Now

Iklan